Toko Projector Jakarta Mangga Dua Murah | Jual Projector Sony Infocus  Panasonic  NEC  Vivitek  Hitachi  Acer  Epson
TokoProjectorJakarta : Jualan Projector ~ Sony ~ Infocus ~ BENQ ~ Panasonic ~ NEC ~ Vivitek ~ Hitachi ~ Acer ~ Epson : Mall Mangga Dua Lt.5 K3B - Jakarta Pusat

Apa itu Projector ?

Projector adalah alat yang mengubah sinyal gambar/video menjadi gambar yang diproyeksikan ke layar, menggunakan sistem lensa.

Projector biasanya dihubungkan ke Komputer, Notebook / Laptop, Pemutar DVD dll.

Projector banyak digunakan untuk kebutuhan presentasi, penyampaian materi training, untuk kebutuhan home entertainment dan sebagainya.

Projector menggunakan sebuah lampu yang sangat terang untuk dapat memproyeksikan gambar ke layar.

Dalam perkembangan teknologi, terutama teknologi digital yang terus meningkat, Projector pun mengalami sentuhan digital. Kini, hampir sebagian besar pasar Projector dikuasai oleh Projector digital. Mulai dari yang berteknologi LCD (Liquid Crystal Display), DLP (Digital Light Processing), sampai teknologi terbaru yang kini tengah beranjak populer, LCOS (Liquid Crystal on Single Crystal Silicon).

Masing-masing teknologi Projector memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun, secara umum, kualitas gambar yang diproyeksikan, apapun teknologinya, sangat tergantung pada karakteristik resolusi, kecerahan, warna dan contrast ratio-nya

Resolusi adalah jumlah pixel yang dapat dihasilkan, yang diekspresikan sebagai resolusi pixel horizontal dan vertikal. Resolusi “sesungguhnya” dari sebuah Projector adalah jumlah pixel maksimum yang dapat diproyeksikannya. Semakin tinggi tingkat resolusinya, semakin tinggi detil gambar yang dapat ditampilkannya (Berbicara mengenai tren resolusi Projector, sebagian besar kini mulai beralih ke resolusi XGA (1024×768).

Kecerahan. Tingkat kecerahan (brightness) adalah ukuran luminansi (atau cahaya yang diterima) yang biasanya diukur dalam satuan ANSI (American National Standard Institute) lumens. Semua Projector menggunakan sebuah lampu untuk menciptakan cahaya proyeksi. Keefisienan desain Projector sangat menentukan seberapa besar brightness loss secara internal.

Sebuah projektor berlumens tinggi umumnya berharga lebih tinggi dibandingkan yang berlumens rendah. Ukuran lumens ini juga sangat tergantung pada kebutuhan, misalnya. tingkat kecerahan cahaya di dalam suatu ruang

Warna adalah ukuran dari corak dan saturasi cahaya. Sebuah Projector yang baik harus mampu mereproduksi secara akurat warna-warna yang dikirim dari sumber. Sebuah Projector mencampurkan warna-warna merah, hijau dan biru (atau cyan, magenta, kuning, dan hitam dalam kasus skema warna CMYK) untuk mereproduksi warna-warna lainnya.

Contrast ratio adalah ukuran perbandingan antara warna hitam dan putih. Tingkat contrast ratio yang tinggi merupakan indikasi mengenai seberapa baik suatu gambar bisa tampil baik di layar proyeksi, khususnya dalam hal kehalusan detil warna. Biasanya diukur dengan dua metoda, Full On/Off dan ANSI. Jadi, bila Anda hendak membandingkan contrast ratio dua buah Projector, pastikan keduanya menggunakan metoda yang sama. Umumnya, metoda Full On/Off memberikan nilai contrast ratio yang lebih tinggi dibandingkan ANSI.

Projector LCD vs Projector DLP

Projector LCD bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah Projector. Warna gambar yang dikeluarkan oleh Projector merupakan hasil pembiasan dari panel-panel LCD tersebut yang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar yang telah disatukan tersebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan di”jatuh”kan pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh. Gambar yang dihasilkan Projector LCD memiliki kedalaman warna yang baik karena warna yang dihasilkan olah panel LCD langsung dibiaskan lensa ke layar. Selain itu gambar pada Projector LCD juga lebih tajam dibandingkan dengan hasil gambar Projector DLP. Kelebihan lain dari LCD adalah penggunaan cahaya yang lebih efisien sehingga dapat memproduksi “ansi lumens” yang lebih tinggi dibandingkan Projector dengan teknologi DLP. Sedangkan kelemahan teknologi LCD adalah besar piksel yang terlihat jelas di gambar. Ini yang menyebabkan teknologi LCd kurang cocok untuk memutar film karena akan terasa seperti melihat film dari balik mata yang terhalang “selaput katarak”.

Projector DLP memiliki cara kerja yang sangat berbeda dengan LCD. Salah satu perbedaan DLP adalah adanya chip DLP (disebut juga DMD – Digital Micro Device). Pada chip DLP ini terdapat cermin-cermin yang berukuran mikro (sepersejuta) yang terbuat dari alumunium dan berfungsi untuk mematulkan cahaya untuk memberntuk citra. Cermin-cermin ini dapat bergerak membelokkan cahaya sampai 5000 kali per detik. Perbedaan lain juga terdapat pada cara DLP memberi warna pada cahaya yang lewat lampu Projector. Cermin mikro pada chip DLP tidak memiliki warna yang spesifik untuk memberi warna pada gambar. Sehingga diperlukan filter warna (berupa lingkaran yang berisi warna-warna dasar merah, hijau dan biru) yang berputar dengan ritme tertentu dan tersinkronisasi dengan pergerakan cermin mikro. Cahaya yang tidak dipakai pada gambar akhir akan dibelokkan keluar dari jalur bias oleh cermin mikro. Projector hi-end ada yang membenamkan 3 chip DLP dalam perangkatnya. Tiap chip menangani warna dasar yang berbeda. Sehingga biasanya memiliki harga yang mahal (sekitar US$10.000-an keatas). Keunggulan teknologi DLP terdapat pada ringkasnya ruang cahaya yang diperlukan. Hal ini tentu mempengaruhi ukuran “bodi” Projector. Selain itu, kontras warna yang dihasilkan Projector DLP sangat baik dengan kualitas warna hitam yang lebih baik. Piksel yang terlihat pada gambar yang dihasilkan oleh Projector LCD juga dapat diminimalisir dengan baik oleh teknologi DLP. Sedangkan kelemahan DLP terdapat pada lingkaran warna yang merupakan salah satu komponen pentingnya. Pada beberapa kasus, lingkaran warna ini dapat menghasilkan “efek pelangi”. Yaitu munculnya warna asing di luar 3 warna primer yang ada akibat kesalahan perputaran lingkaran warna.

Sudahkah Perusahaan anda memiliki Projector ? Silakan Hubungi kami....

TokoProjectorJakarta
  
Jualan Projector ~ Sony ~ Infocus ~ Panasonic ~ NEC ~ Vivitek ~ Hitachi ~ Acer ~ Epson
PT. Terra Nova Informatika

         Telp. (021) 6220 1771 / 0817 081 8787
         Email : [email protected] 
         Mangga Dua Mal Lt.5 K3B - Jakarta Pusat